Sabtu, 01 Januari 2022

Prosedur Opname di Rmh Skt BPJS

Prosedur Opname di Rmh Skt BPJS - Bagi Anda yang penasaran dengan sistem kerja rmh skt BPJS, bagaimana seorang pasien bisa sampai masuk ke sana, bagaimana alurnya, maka Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga awam soal cara tersebut. Pertama mungkin karena mereka jarang sakit dan jarang memanfaatkan layanan BPJS. Kedua jika mereka sakit, tidak harus sampai dirujuk dan dirawat ke rumah sakit BPJS, kecuali penyakitnya benar-benar parah dan mengharuskan mereka melakukan opname. 

prosedur bpjs di rumah sakit swasta,prosedur rawat inap bpjs kesehatan,rawat inap bpjs kelas 1,berapa hari,jalan bpjs kesehatan,cara klaim bpjs rawat inap,lama rawat,pelayanan bpjs di rumah sakit,
Info Penting Mengenai Layanan Rmh Sakit BPJS
Sebagai peserta jaminan sosial BPJS, Anda tentu memiliki kartu BPJS yang selalu dibawa di dalam dompet. Kartu itu berguna jika Anda sakit dan berobat ke dokter yang menerima pasien BPJS. Dengan kartu BPJS, Anda bisa mendapatkan keringanan biaya pengobatan. Jika harus sampai masuk rumah sakit, tentu saja rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Adapun alur pasien sampai mereka masuk ke rumah sakit bisa dilakukan dengan pergi ke klinik terlebih dahulu.

Jika Anda merasakan sakit, pertama yang Anda lakukan adalah berobat ke faskes terdekat. Jika Anda pemegang kartu BPJS, pastikan faskes yang Anda datangi menerima atau bekerja sama dengan BPJS. Selanjutnya Anda tinggal menunggu keputusan dokter. Bila tidak perlu ke rmh skt BPJS, Anda cukup akan diberikan obat sebagai rawat jalan saja. Namun sebaliknya, jika harus opname, Anda akan diberikan surat rujukan ke rumah sakit.

Nah, jika Anda mengalami sakit parah, dimana faskes yang Anda datangi pertama kali tidak sanggup mengobati, Anda akan diberikan surat pengantar atau rujukan ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Selanjutnya Anda tinggal masuk ke UGD dan menunjukkan surat rujukan dari faskes pertama tadi. Kemudian penanganan akan berjalan seperti biasa. Anda akan diperiksa dan dites berbagai macam seperti tes darah, kadar gula, dan sebagainya tergantung jenis penyakit yang diderita. 

Setelah menjalani semua tes, Anda akan mulai opname di kamar tertentu sesuai dengan plafon BPJS yang Anda bayar tiap bulan. Di akhir periode opname, Anda akan diminta untuk mencicil menyelesaikan administrasi. Ada beberapa berkas yang harus Anda lengkapi sehubungan dengan keperluan klaim, diantaranya kartu BPJS, KTP, dan KK, semua dalam bentuk asli dan fotocopy. Setelah semua dipenuhi, Anda tinggal menunggu kepulangan.

Rmh skt BPJS menyediakan pelayanan berupa keringanan biaya pengobatan, namun tetap sesuai dengan plafon yang diambil pertama kali dan sesuai dengan iuran bulanan Anda sebagai pasien. Bagi Anda yang pernah merasakan pelayanan rumah sakit BPJS, Anda pasti paham jumlah yang dipotong, obat apa saja yang ditanggung dan mana yang tidak ditanggung. Semua itu memang masih banyak kekurangan, namun BPJS akan selalu berbenah untuk kesejahteraan masyarakat agar mendapatkan jaminan kesehatan yang baik.