Sabtu, 01 Januari 2022

Entitas BPJS Kesehatan Sebagai Lembaga Penjamin Sosial Terbesar

Entitas BPJS kesehatan pada dasarnya adalah lembaga yang dikelola pemerintah, dimana lembaga tersebut mengelola dana jaminan sosial yang digunakan oleh masyarakat untuk membantu meringankan biaya pengobatan. Tidak hanya biaya pengobatan, BPJS juga menyediakan instrumen investasi berupa jaminan hari tua atau BPJS ketenagakerjaan yang bisa diambil setelah tidak bekerja lagi, atau setelah berusia 56 tahun. BPJS kesehatan sebagai entitas jaminan sosial banyak menawarkan program jaminan yang disesuaikan dengan kemampuan finansial peserta.

tentang bpjs kesehatan,undang undang bpjs kesehatan,program bpjs kesehatan,bpjs adalah pdf,tentang bpjs ketenagakerjaan,uu bpjs kesehatan terbaru,undang undang bpjs kesehatan,tujuan bpjs,
Prosedur Opname di Rmh Skt BPJS
Pelayanan Kesehatan yang Ditanggung Entitas BPJS Kesehatan
Sebagai jaminan sosial terbesar yang dikelola negara, sebenarnya apa saja yang ditanggung BPJS bagi mereka pemegang kartu anggota. Entitas BPJS kesehatan menjamin banyak hal terkait dengan pelayanan kesehatan yang disesuaikan dengan plafon peserta BPJS pada saat awal pendaftaran, apakah kelas III, II, atau I. Adapun layanan yang ditanggung BPJS antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pelayanan kesehatan non spesialistik
Pelayanan ini meliputi pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik dan non operatif, transfusi darah, pemeriksaan diagnostik laboratorium, dan juga rawat inap. Jadi, jika Anda mengalami kondisi sakit yang tidak memerlukan penanganan gawat darurat, Anda masih bisa ditangani di faskes terdekat tanpa perlu dirujuk opname di rumah sakit. 

2. Pelayanan kesehatan tingkat lanjutan
Pelayanan tingkat lanjutan ini meliputi rehabilitasi medis, pelayanan darah (semua yang berhubungan dengan darah, baik test, atau transfusi) dan pelayanan dokter forensik klinik. Selain itu, pelayanan ini juga melayani pelayanan jenazah (tidak termasuk peti), rawat inap non intensif, dan juga akupuntur medis. Bagi Anda yang ingin melakukan medical check up, layanan tersebut termasuk ke dalam pelayanan kesehatan tingkat lanjutan. Anda bisa memanfaatkan kartu BPJS untuk menikmati layanan tersebut di klinik atau faskes terdekat yang memiliki fasilitas pendukung layanan kesehatan tersebut.

3. Pelayanan promotif
Ini adalah jenis pelayanan kesehatan yang diadakan sesuai dengan program pemerintah, diantaranya vaksinasi, keluarga berencana (termasuk kontrasepsi vasektomi, tubektomi, dan sebagainya) dan imunisasi. Selain itu pelayanan kesehatan juga menjamin penanganan penyakit hipertensi, kanker leher rahim, kanker payudara, dan penyakit lain yang ditetapkan oleh menteri. Disamping itu, pelayanan promotif juga menjamin pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan gula darah, papsmear, dan sebagainya.

Entitas BPJS kesehatan menjamin pelayanan seperti yang disebutkan diatas. Jadi apabila Anda mengalami sakit sesuai dengan yang disebutkan diatas, Anda bisa memanfaatkan kartu BPJS. Atau jika Anda hanya ingin kontrol medical check up di faskes yang menerima BPJS, Anda bisa menggunakan kartu BPJS disana dan itu dijamin. Sebenarnya masih ada banyak yang ditanggung BPJS seperti pelayanan alat kesehatan misalkan kacamata, alat bantu dengar, protesa kaki/tangan palsu dll. Namun jika Anda berobat ke luar negeri, tidak akan ditanggung oleh BPJS.