Sabtu, 01 Januari 2022

Info Penting Mengenai Layanan Rmh Sakit BPJS

Rmh sakit BPJS adalah rumah sakit yang menerima pasien dengan kartu BPJS. Ada beberapa rumah sakit BPJS yang tersebar di beberapa kota besar. Kebanyakan adalah rumah sakit umum daerah atau rumah sakit milik negara yang biasa menampung pasien dalam jumlah banyak. Sedangkan rumah sakit swasta yang mau menerima pasien BPJS belumlah sebanyak rumah sakit daerah. Salah satu ciri rumah sakit yang mau menerima pasien BPJS adalah yang memiliki daya tampung banyak. Apabila ingin berobat, Anda terlebih dahulu haruslah mendapat rujukan dari dokter BPJS keluarga Anda.

keluhan pelayanan bpjs,pelayanan bpjs di rumah sakit,pelayanan bpjs kesehatan kelas 1,sistem kerja bpjs,pelayanan bpjs kesehatan di rumah sakit,prosedur,bpjs buruk,pelayanan bpjs untuk persalinan,
Manfaat Kartu dan Nomor BPJS Kesehatan
Langkah Mendapatkan Rujukan ke Rumah Sakit BPJS
Bagi Anda yang menderita sakit parah dan mengharuskan opname dalam waktu lama, ada prosedur yang harus dilalui sebelum Anda menginap di rumah sakit. Berikut adalah tata cara yang harus dilalui supaya Anda bisa masuk rmh sakit BPJS:

1. Mengunjungi fasilitas kesehatan
Untuk bisa dirujuk, Anda haruslah mendatangi salah satu fasilitas kesehatan yang menerima pasien BPJS. Selanjutnya dokter disana yang akan memutuskan apakah Anda layak dirujuk ke rumah sakit atau bisa hanya dengan rawat jalan. Jika sakit Anda memang sangat parah dan mengharuskan opname, Anda akan segera dirujuk ke rumah sakit. 

Rujukan ke rumah sakit juga dipengaruhi oleh ada tidaknya fasilitas memadai di klinik tersebut yang bisa membantu kesembuhan Anda. Jika klinik tersebut memiliki fasilitas yang bisa membantu kesembuhan Anda, Anda hanya akan sampai pada klinik tersebut dan diberikan obat rawat jalan. Sedangkan jika tidak, Anda akan segera dirujuk ke rumah sakit. Terlebih jika kondisinya darurat.

2. Minta surat rujukan
Surat rujukan adalah semacam surat sakti. Tanpa surat ini, Anda tidak bisa masuk ke rumah sakit yang menerima pasien BPJS. Anda akan mendapatkan surat rujukan segera setelah faskes tempat Anda datang pertama kali untuk berobat tadi, merasa tidak sanggup dan tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk membantu kesembuhan Anda. Anda akan dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih lengkap. Selanjutnya Anda tinggal menunjukkan surat rujukan tersebut di rumah sakit dan proses penanganan berjalan sebagaimana mestinya.

3. Membawa syarat lain
Surat rujukan adalah salah satu berkas yang wajib dibawa ketika Anda masuk rumah sakit setelah dari faskes atau klinik. Selain itu, Anda juga harus membawa kartu BPJS asli, fotocopy KTP, dan KK. Kelengkapan berkas ini nantinya akan digunakan untuk mengurus klaim asuransi BPJS dan Anda bisa mendapatkan keringanan biaya.

Itulah langkah yang harus dilalui sebelum Anda dirujuk masuk ke rmh sakit BPJS. Selain itu, Anda harus melalui serangkaian pemeriksaan di klinik kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS. Dan jangan lupa untuk membawa surat rujukan yang diperlukan agar bisa mendapatkan layanan BPJS.