Sabtu, 01 Januari 2022

Manfaat Kartu dan Nomor BPJS Kesehatan

Memiliki nomor BPJS kesehatan artinya Anda sudah aktif terdaftar sebagai anggota dan peserta BPJS kesehatan yang berhak menerima kemudahan dan fasilitas sesuai dengan yang ditawarkan. Dengan nomor BPJS, Anda bisa mengecek sendiri bagaimana sebenarnya status keanggotaan Anda di database. Ketika Anda sudah memiliki kartu BPJS kesehatan, Anda tentu akan mendapatkan nomor anggota. Dengan nomor anggota inilah Anda akan bisa melihat banyak hal terkait dengan keanggotaan BPJS Anda, termasuk tagihan dan iuran bulanan.

manfaat kartu kis,perbedaan kis dan bpjs kesehatan,cara mendapatkan kartu kis,menggunakan kartu kis,iuran kartu indonesia sehat,kartu bpjs berubah jadi kis,keuntungan bpjs mandiri,kartu kis dan bpjs,
Jangka Waktu Pencairan Jamsostek sebagai Jaminan Hari Tua
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa dengan kartu BPJS kesehatan, Anda akan mendapatkan bantuan dana atau subsidi pada saat berobat di rumah sakit atau periksa di klinik yang menerima pasien BPJS. Lantas, apa saja manfaat memiliki kartu dan nomor BPJS kesehatan itu sendiri? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Mengetahui info BPJS
Anda bisa mengecek informasi terbaru seputar BPJS melalui hp Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi buka tutup komputer. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi BPJS kesehatan dan mengecek melalui hp. Tentu saja Anda perlu login dengan memasukan username dan password, salah satunya memasukan nomor keanggotaan BPJS.

2. Cek data kepesertaan
Melalui fitur ini Anda bisa mengecek data kepesertaan melalui nomor-nomor pada kartu yang Anda daftarkan, seperti NIK, nomor KK, atau nomor KTP Anda.

3. Cari lokasi
Dengan fitur pencari lokasi ini memungkinkan Anda mencari lokasi kantor BPJS terdekat dengan tempat Anda. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu Anda mencari dan menampilkan peta lokasi klinik atau rumah sakit sesuai dengan jarak yang terdekat dengan Anda. 

4. Membayar tagihan dan iuran
Anda bisa mengecek berapa tagihan bulanan yang belum Anda bayarkan. Selain itu Anda juga bisa mengecek apakah iuran yang Anda bayarkan sudah masuk ke dalam saldo rekening Anda. Anda juga bisa mengaktifkan notifikasi tagihan yang akan memberitahukan kepada Anda setiap bulannya untuk membayar tagihan.

Sebenarnya melakukan pengecekan melalui komputer jauh lebih banyak pilihannya. Anda bisa mengunduh tagihan dalam bentuk file. Komputer juga memiliki media penyimpanan yang jauh lebih besar dari pada hp. Namun karena alasan kemudahan akses dan flexibiltas, penggunaan hp sepertinya menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang mobilitasnya tinggi dan tidak sempat duduk lama di depan komputer.

Itulah beberapa manfaat jika Anda memiliki nomor BPJS kesehatan. Anda bisa memilih menggunakan hp atau komputer untuk mengecek status keanggotaan Anda. Termasuk ketika Anda ingin melakukan pemeriksaan jumlah tagihan bulanan yang harus dibayar. Yang menarik adalah Anda bisa melihat peta lokasi tempat pelayanan kesehatan yang terdekat dengan Anda. Jadi Anda tidak perlu menebak-nebak akan kemana jika sakit, tinggal lihat peta dan berangkat.