Sabtu, 01 Januari 2022

Panduan Lengkap Cara Bikin BPJS Online Kesehatan

Cara Bikin BPJS Online Kesehatan - Setelah ditetapkannya JKN pada tahun 2014 yang lalu banyak orang memilih untuk mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Apalagi saat ini cara bikin BPJS online sudah bisa dilakukan dengan mudah. Cara pembuatan BPJS online ini harus dilakukan oleh masyarakat yang tidak berhak menerima BPJS dari Pemerintah. Untuk golongan masyarakat kurang mampu BPJS Kesehatan sudah ditanggung oleh pemerintah. Nah, untuk Anda yang belum mendapatkan BPJS Kesehatan dari Pemerintah harus segera membuatnya.

daftar bpjs online perorangan,ketenagakerjaan online,tanpa npwp,cara daftar bpjs online,bpjs perorangan atau keluarga,bpjs online cek saldo,bpjs-kesehatan.go.id online,
Cara Menghitung tarif BPJS Ketenagakerjaan Terbaru
Dengan memiliki BPJS Kesehatan tentunya kesehatan Anda dan keluarga Anda akan terjamin. Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda atau salah satu keluarga Anda sakit. Hal ini dikarenakan dengan BPJS Kesehatan Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis. Bagi Anda yang belum memiliki BPJS Kesehatan, segera daftar BPJS online 2016 sekarang juga. Cara membuat BPJS Kesehatan ini sangat mudah dan praktis, hal ini dikarenakan prosesnya dilakukan secara online. Berikut ini langkah-langkah cara bikin BPJS online:

1. Siapkan semua berkas yang diperlukan
Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan semua berkas yang diperlukan. Adapun berkas yang diperlukan adalah KTP, KK, dan foto terbaru. Semua berkas ini harus di scan dalam bentuk foto untuk diupload pada saat pendaftaran online. Selain berkas tersebut, Anda juga perlu untuk menyiapkan alamat email yang masih aktif dan juga nomor rekening yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

2. Isi formulir secara online
Jika semua berkas sudah disiapkan maka langkah selanjutnya adalah mengisi formulir secara online. Pengisian formulir ini dilakukan secara online melalui website resmi BPJS Kesehatan. Anda akan diminta mengisi formulir dan juga mengupload KTP dan KK serta pas foto terbaru. Pengisian formulir ini dilakukan satu persatu sesuai dengan identitas keluarga yang akan didaftarkan. Jadi, jika Anda mendaftarkan lima anggota keluarga maka harus mengisi formulir sebanyak lima kali.

3. Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk verifikasi
Setelah mendaftar secara online, maka Anda akan mendapatkan VA atau Virtual Account. VA inilah yang digunakan sebagai dasar cetak kartu BPJS Kesehatan online. Untuk mendapatkan kartu BPJS Kesehatan, Anda perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dan menunjukkan VA yang sudah Anda dapatkan.

4. Terima dan gunakan kartunya untuk berobat
Jika proses verifikasi VA selesai, maka Anda akan menerima kartu BPJS Kesehatan. Anda bisa menggunakan kartu tersebut untuk berobat ataupun untuk melakukan kontrol rutin di rumah sakit.

Tarif Pembayaran BPJS Kesehatan Terbaru-
Tidak hanya cara bikin BPJS online saja yang mudah, tapi juga cara pembayaran dan tarif yang berlaku juga tidak terlalu mahal. Pada tahun 2016 ini terdapat beberapa perubahan tarif iuran untuk BPJS Kesehatan. Untuk iuran kelas 1 per orang dikenai biaya 80 ribu, sedangkan untuk kelas 2 dikenai biaya 51 ribu untuk setiap 1 orang dan untuk kelas 3 dikenai biaya iuran 30 ribu untuk 1 orang. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini bisa dibayarkan melalui ATM BRI, Mandiri, dan BCA.