Sabtu, 01 Januari 2022

Mengenal Apa Itu Pcare BPJS K Untuk Para Faskes I

Pcare BPJS K merupakan singkat dari Primary Care BPJS Kesehatan berupa aplikasi yang bisa digunakan oleh faskes I BPJS Kesehatan untuk melakukan pendataan pada pasiennya. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2014 yang lalu. Semua faskes I BPJS Kesehatan diwajibkan untuk menggunakan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan aplikasi ini faskes I bisa mengetahui semua data dan riwayat pasien BPJS Kesehatan yang menjadi anggotanya. Oleh karena itu, semua faskes I BPJS harus menggunakan aplikasi ini termasuk Puskesmas.

Ketentuan dan Syarat Pencairan Jamsostek Sebelum 5 Tahun
Syarat Pencairan Jamsostek Sebelum 5 Tahun
Aplikasi Pcare BPJS K ini bisa diakses dengan menggunakan laptop ataupun komputer yang sudah terhubung dengan koneksi internet. Oleh karena itu, setiap tempat praktek faskes I BPJS harus mempunyai sambungan internet yang stabil. Tidak hanya itu, kecepatan internet yang digunakan juga harus diatas 512 Kb per menit. Dengan kecepatan ini maka faskes I BPJS Kesehatan bisa mengakses aplikasi ini dengan mudah dan cepat, sehingga layanan yang diberikan kepada para pasien BPJS Kesehatan bisa maksimal dan cepat.

Menu Dalam Pcare BPJS K Terbaru
Pcare BPJS aplikasi ini memang didesain khusus untuk para faskes I untuk melayani semua pasiennya. Oleh karena itu, dalam PCare BPJS ini mempunyai menu fungsi yang bertujuan memudahkan dalam hal pendaftaran dan menyimpan data riwayat penyakit pasien BPJS Kesehatan. Dalam aplikasi ini terdapat dua menu utama, yaitu pendaftaran dan pelayanan pasien. Untuk lebih jelasnya, berikut ini menu yang ada pada Pcare BPJS K:

1. Pendaftaran pasien
Fungsi utama yang ada pada aplikasi Pcare ini adalah fungsi untuk memberikan layanan pendaftaran pasien. Para faskes I bisa langsung melakukan pendaftaran pasien dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan adanya menu fungsi ini, maka pendaftaran pasien BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini dikarenakan semua data pasien sudah ada dalam aplikasi PCare ini. Fungsi ini dilakukan oleh para petugas pendaftaran.

2. Pelayanan pasien
Ini merupakan menu fungsi utama yang ada pada Pcare. Menu ini khusus untuk dokter ataupun penyedia layanan BPJS Kesehatan guna merekam perjalanan penyakit seorang pasien BPJS Kesehatan. Dengan adanya menu ini, dokter atau petugas kesehatan bisa melakukan rujukan jika diperlukan dan juga bisa melihat preview perjalanan penyakit atau kesehatan dari pasien yang sedang diperiksa. Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan pengolahan data untuk para tenaga medis.

Pcare BPJS online ini bisa digunakan oleh semua faskes I yang sebelumnya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan. Untuk faskes I BPJS Kesehatan harus mendapatkan ID dan password terlebih dahulu agar bisa mengakses Pcare BPJS K. Cara mendapatkan ID dan password ini adalah dengan datang secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Disana, Anda bisa mengurus untuk mendapatkan ID dan password untuk Anda. Setiap faskes I hanya akan mendapatkan satu ID lengkap dengan passwordnya.