Sabtu, 01 Januari 2022

Fungsi Pcare BPJS Versi 134 dan Versi Lainnya

BPJS kesehatan meluncurkan aplikasi yang akan memudahkan dilakukannya pelayanan pasien. Aplikasi yang menjadi bagian dari sistem informasi BPJS ini memiliki nama Pcare atau Primary Care. Aplikasi Pcare diperuntukkan bagi fasilitas-fasilitas kesehatan atau faskes seperti Puskesmas, agar dapat lebih mudah melakukan akses-akses data ke server milik BPJS. Pcare mulai diperkenalkan pada 2014, dan sejak itu dilakukan banyak perbaikan maupun perkembangan untuk menyempurnakan kinerjanya. Dalam perkembangan tersebut, telah dihasilkan Pcare BPJS versi 134 dan versi lainnya.

kode penyakit bpjs,pcare bpjs error,login bpjs kesehatan online,primary care bpjs,lupis bpjs,e puskesmas,sikda generik,login bpjs online,
Cara Mencairkan Jamsostek Tanpa Paklaring Terbaru
Dalam usaha penyempurnaan aplikasi Pcare berbasis website, dilakukan penambahan modul yang bertujuan menyesuaikan kebutuhan akan akses data yang semakin meningkat. Sistem Pcare BPJS online juga diharapkan mampu terintegrasi secara realtime antara satu institusi kesehatan dengan institusi lainnya. Dengan demikian, kebutuhan akan akses data yang up to date menjadi semakin mudah terpenuhi. Petugas faskes juga kini dapat menggunakan Pcare untuk pendaftaran pasien, pelayanan laboratorium, penegakan diagnosa dan pelayanan lainnya.

Menu atau Fitur Pcare BPJS dan Fungsinya
Pcare BPJS dapat diakses dengan menggunakan internet ke alamat http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id. Puskesmas dan faskes-faskes lainnya yang telah secara resmi terdaftar di BPJS dapat memperoleh akses user serta password untuk melakukan login dan menggunakan Pcare BPJS online. Koneksi internet yang harus dimiliki untuk dapat melakukan akses adalah sebesar 512 kbps. Dengan adanya koneksi internet tersebut, maka puskesmas-puskesmas dan seluruh faskes di tanah air dapat menggunakan fasilitas Pcare. 

Setelah terkoneksi melalui jaringan internet pada Pcare BPJS versi 134 dan lainnya, maka beberapa fungsi Pcare dapat dimanfaatkan. Fungsi-fungsi tersebut dapat diperoleh dari menu yang dimiliki oleh aplikasi. Secara umum ada dua jenis menu, yaitu menu pendaftaran pasien dan pelayanan pasien. Pada menu yang pertama, petugas faskes dapat melakukan entry data untuk mendaftarkan pasien yang akan menggunakan layanan BPJS. 

Menu yang kedua pada Pcare BPJS adalah pelayanan pasien. Dengan menggunakan menu ini, dokter atau petugas dari sebuah Balai Pengobatan dapat melakukan entry terhadap berbagai data dan memanfaatkan berbagai fitur untuk kemudahan pelayanan pasien. Salah satunya adalah fitur untuk membuat rujukan. Dengan menggunakan fitur ini, permohonan atau data rujukan yang dibuat dokter dapat langsung dibaca di faskes yang menjadi rujukan. 

Selain kedua menu utama diatas, Pcare BPJS versi 134 dan versi lainnya juga dapat menunjukkan preview dari data kunjungan pasien dengan cepat dan realtime. Jumlah dari peserta BPJS kesehatan yang telah terdaftar pada suatu faskes primer juga dapat dengan mudah diketahui. Tenaga medis atau petugas faskes juga dapat melakukan pengolahan data maupun penggantian password. Berbagai fungsi yang dimiliki aplikasi ini diharapkan mampu membantu para petugas melakukan pelayanan yang lebih baik dan cepat.