Sabtu, 01 Januari 2022

Daftar BPJS Perorangan Atau Keluarga? Ini Dia Jawabannya

Daftar BPJS Perorangan Atau Keluarga - Mungkin Anda masih bingung ingin mendaftar BPJS perorangan atau keluarga. Anda tidak perlu bingung lagi, saat ini sudah ada sistem baru yang harus Anda ikuti jika ingin mendaftar BPJS. Di mana pendaftaran perorangan sudah tidak dapat dilakukan, pendaftaran BPJS harus untuk 1 keluarga. Jadi jika Anda ingin mendaftar BPJS sendiri tanpa mengikutsertakan keluarga Anda, hal tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan. 

kartu bpjs kesehatan online,satu kartu bpjs untuk satu keluarga,cara menonaktifkan,cara pindah bpjs perusahaan ke perorangan,tanya jawab,bpjs tanpa kartu keluarga,cara berhenti dari,

Daftar BPJS Perorangan Atau Keluarga

Syarat pembuatan BPJS keluarga sendiri sangatlah sederhana yaitu KK dan juga foto Anda dan keluarga Anda yang ingin mendaftar BPJS. Pendaftaran BPJS perorangan hanya diperbolehkan jika orang tersebut adalah anggota yang belum terdaftar dalam BPJS. Dengan kata lain, anggota keluarga lain sudah menjadi anggota BPJS dan orang tersebut belum. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi mengenai pendaftaran BPJS perorangan atau keluarga. Tidak hanya pendaftarannya saja yang harus 1 keluarga, pembayaran iurannya saat ini juga sudah diakumulasi menjadi 1 keluarga.

Jika dulunya Anda dapat membayar iuran BPJS perorangan, saat ini tidak lagi. Iuran BPJS untuk satu keluarga ini memang belum lama diterapkan, tujuannya agar pembayaran iuran BPJS menjadi lebih praktis. Jadi pembayaran iuran yang muncul adalah pembayaran iuran BPJS untuk 1 keluarga. Anda tidak perlu kaget jika totalnya besar, berbeda dengan besaran iuran biasanya. Walaupun yang muncul atas nama kepala keluarga, namun besaran iuran sudah diakumulasi. Misalnya saja Anda ikut BPJS perorangan atau keluarga kelas 1, maka iuran berorangnya adalah 80 ribu. 

Sementara jumlah anggota keluarga Anda di KK 4, maka total iurannya yaitu 320 ribu rupiah. Dengan sistem yang baru ini, pembayaran iuran BPJS tidak perlu dilakukan berulang kali. Karena pendaftaran BPJS saat ini harus dilakukan untuk 1 keluarga, mungkin sebagian warga merasa keberatan. Terutama bagi mereka yang merupakan orang-orang miskin dengan penghasilan rendah. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena pembayaran iuran akan ditanggung oleh pemerintah. 

Namun perlu Anda ingat, pendaftaran BPJS perorangan atau keluarga hanya dapat dilakukan dengan menggunakan KK. Jadi jika Anda belum memiliki KK, silakan buat KK terlebih dahulu. Dengan begitu proses pendaftaran BPJS Anda dan keluarga dapat diproses seperti seharusnya. Itu saja yang dapat disampaikan, jika Anda bertanya apakah mendaftar BPJS harus satu keluarga maka jawabannya adalah iya. Kecuali jika di dalam KK terdapat saudara atau orang lain yang menumpang, orang tersebut dapat pengecualian. 

Untuk Anda yang berniat mendaftar BPJS, segera daftarkan diri Anda dan keluarga Anda. Anda dapat memilih kelas dengan besaran iuran yang berbeda-beda, begitu juga pelayanan yang akan Anda peroleh nantinya. Pendaftarannya sendiri dapat dilakukan secara online atau di kantor BPJS terdekat. Sekian informasi mengenai BPJS perorangan atau keluarga, semoga bermanfaat.