Sabtu, 01 Januari 2022

Tips Aman dan Hemat Melahirkan Dengan BPJS Kelas 1

BPJS Kesehatan memberikan semua pelayanan kesehatan termasuk menanggung biaya persalinan. Melahirkan dengan BPJS kelas 1 atau kelas lainnya tentu saja lebih hemat dan aman, hal ini dikarenakan Anda tidak akan dikenai biaya sedikit pun. Biaya persalinan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan tidak hanya biaya persalinan normal saja, tapi juga biaya persalinan ceaser. Nah, untuk Anda para ibu yang sedang hamil dan mempunyai kartu BPJS Kesehatan, maka tidak perlu khawatir dengan biaya persalinan yang harus ditanggung.
melahirkan dengan bpjs kelas 2,syarat melahirkan menggunakan bpjs,klaim bpjs untuk persalinan,pengalaman melahirkan dengan bpjs,usg dengan bpjs,melahirkan dengan bpjs di hermina,

Prosedur melahirkan dengan BPJS sama dengan prosedur melahirkan pada umumnya. Untuk Anda yang sudah mendekati kelahiran, sebaiknya segera cek ke dokter atau Puskesmas yang menjadi Faskes I Anda. Jika Anda menginginkan melahirkan di rumah sakit, Anda perlu untuk meminta surat rujukan dari Faskes I. Melahirkan dengan BPJS kelas 1 ataupun kelas yang lainnya tetap saja harus datang ke Faskes I untuk mendapatkan rujukan jika ingin melahirkan di rumah sakit.

Biaya Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan sendiri menanggung semua biaya melahirkan para pesertanya. Besarnya biaya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan tentu saja berbeda-beda sesuai dengan kelas yang diikuti peserta. Semakin tinggi kelas yang diikuti maka biaya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan juga akan semakin besar. Sebagai informasi untuk Anda biaya melahirkan dengan BPJS kelas 1 ataupun kelas lainnya untuk melahirkan normal sebesar 600 ribu rupiah. Biaya ini sudah termasuk biaya mondok di rumah sakit dan biaya obat-obatan seperti KB dan lainnya.

Namun jika Anda diharuskan untuk melahirkan dengan cara operasi caesar, BPJS Kesehatan tetap akan menanggung semua biayanya sehingga peserta tidak akan dikenai biaya. Biaya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan untuk proses persalinan caesar disesuaikan dengan kelas yang diikuti oleh peserta. Sehingga penambahan biaya mungkin saja terjadi jika Anda membutuhkan obat ataupun alat yang biayanya tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Prosedur melahirkan caesar dengan BPJS Kesehatan ini sama dengan melahirkan normal, hanya saja ruang perawatan yang akan didapatkan berbeda sesuai kelasnya.

Tips Hemat Melahirkan Dengan BPJS Untuk Semua Kelas
Biaya persalinan dengan menggunakan BPJS Kesehatan memang gratis dengan ketentuan tidak ada kenaikan kelas ataupun biaya tambahan untuk obat dan alat yang dibutuhkan. Namun untuk Anda yang ingin naik kelas pada saat melahirkan, maka Anda diharuskan untuk menambah sejumlah biaya. Jumlah biaya yang dibebankan kepada pasien ini adalah biaya kekurangan selama melakukan persalinan. BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya tambahan yang bukan termasuk biaya persalinan yang sudah ditetapkan.

Nah, untuk Anda yang ingin hemat dan tidak menerima tambahan biaya pada saat melahirkan dengan BPJS kelas 1, ada dua tips yang disarankan. Yang pertama pastikan jika Anda tidak naik kelas, naik kelas dalam perawatan sangat diperbolehkan namun nantinya Anda akan dikenakan biaya tambahan. Selanjutnya yang kedua yaitu pilih rumah sakit pemerintah. Hal ini dikarenakan rumah sakit swasta biasanya tetap akan membutuhkan biaya tambahan selain yang ditanggung oleh BPJS.