Sabtu, 01 Januari 2022

Mengenal Pcare BPJS Online

Pcare BPJS online merupakan pelayanan yang ditawarkan BPJS berupa sistem aplikasi bagi fasilitas kesehatan primier (faskes 1). Sehingga mereka dimudahkan dalam mengakses data ke BPJS baik itu untuk terapi, pendaftaran, layanan laboratorium, dan penegakan diagnosa. Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan primier (faskes 1) dimana Pusat Kesehatan Masyarakat ini adalah ujung tombak dari berjalan tidaknya sebuah sistem kesehatan di Negeri ini yang kini sedang berbenah. 

primary care,pendaftaran bpjs,login bpjs kesehatan online,download aplikasi pcare bpjs,kode penyakit bpjs,lupis bpjs,rekam medis online,kode icd,
Mudahnya Cara E Klaim Jamsostek
Informasi yang dinput oleh Puskesmas ini akan dikirim ke pusat informasi BPJS, sehingga pasien dan kesehatannya bisa terpantau melalui aplikasi ini. Sejak tahun 2014, sistem ini mulai diperkenalkan ke Puskesmas-Puskesmas di Indonesia. Dalam perjalanannya, aplikasi Pcare BPJS ini mengalami pasang surut. BPJS terus melakukan perbaikan-perbaikan agar pelayanan kepada para pasien terus diperbaiki. Dalam aplikasi ini tersedia fungsi Pcare BPJS kesehatan yang dalam menunya terdapat pelayanan, diantaranya adalah:

Pendaftaran pasien  yang nantinya ditindaklanjuti bagian pendaftaran.
Pelayanan pasien  yang nantinya ditindaklanjuti oleh dokter.

Selain fungsi di dalam aplikasi ini, dilakukan banyak penambahan menyesuaikan kebutuhan akses data yang semakin bertambah setiap harinya. Seperti yang kita ketahui peserta BPJS kesehatan semakin bertambah dan membengkak. Hal ini semakin membuat BPJS terus berbenah diri dan melakukan penataan khususnya untuk Pcare BPJS online ini. 

Tujuan Pcare BPJS online ini adalah agar terwujudnya pelayanan terintegrasi antar institusi dan bersifat realtime. Oleh karena itu, untuk penggunaannya digunakan perangkat android seperti handphone, tablet, dan smartphone lainnya. Hampir semua orang memiliki perangkat tersebut sehingga aplikasinya bisa diakses kapan pun dan dimana pun selama dia memiliki jaringan internet. 

Dalam pelayanan aplikasi online tersebut juga terdapat fitur-fitur lain, seperti:
Jumlah peserta BPJS yang terdaftar di fasilitas kesehatan primier
  • 1. Pengolahan data tenaga medis
  • 2. Data kunjungan
  • 3. Dan pergantian password

Data-data yang masuk ke Pcare ini bisa diakses dengan mudah oleh faskes-faskes yang telah mendaftar ke BPJS secara resmi. Oleh karena itu, untuk fasilitas kesehatan yang belum mendaftar dengan resmi tidak bisa mengakses aplikasinya. Apabila sudah mendaftar, maka secara otomatis BPJS kesehatan ini akan memberikan user penggunaan dan passwordnya.

Jika memang Anda sudah menjadi peserta BPJS segera dapatkan aplikasinya dan install aplikasi tersebut. Namun karena belum resmi sehingga aplikasi ini masih sulit didapatkan. Mungkin ke depannya, Pcare BPJS online ini akan terus diperbaiki sehingga masyarakat mudah mendapatkannya.
Menyembuhkan penyakit itu sangat mahal harganya, tidak semua bisa menyembuhkan penyakitnya dengan paripurna. Namun sekarang BPJS hadir untuk mengatasi masalah itu. BPJS juga menghadirkan pelayanan-pelayanan yang memudahkan sehingga masyarakat lebih terbantu lagi. Untuk lebih lanjut dalam mendapatkan aplikasi ini bisa ditanyakan langsung kepada bagian informasi di BPJS.