Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan Excel 1a, 1b, 2 dan 2a

Cara Mengisi Formulir BPJS - Agar bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek, seorang pekerja harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir 1a yang telah disediakan dalam format Excel. Selain form 1a, terdapat beberapa formulir lainnya yang digunakan dalam administrasi pembayaran iuran ataupun permohonan pencairan dana. Formulir BPJS Ketenagakerjaan Excel dapat diisi oleh pihak pekerja ataupun HRD perusahaan. Dalam pengisian tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat terhambatnya proses pencairan dana.

download formulir bpjs ketenagakerjaan excel,ketenagakerjaan 1a,formulir pendaftaran perusahaan bpjs ketenagakerjaan excel,bpjs ketenagakerjaan 1a excel,bpjs excel,bpjs kesehatan,formulir 1a pu,pdf,
Mengenal Pcare BPJS Online
Formulir BPJS Ketenagakerjaan 1a
Formulir 1a disediakan untuk pekerja yang akan mendaftarkan diri atau yang ingin melakukan perubahan identitas dari tenaga kerja pribadi ataupun keluarga. Kita dapat melakukan download formulir BPJS Ketenagakerjaan 1a dari internet atau diperoleh dari pihak HRD perusahaan. Sebelum mulai mengisi, jangan lupa mencentang pendaftaran baru atau perubahan data pada bagian kanan atas. 

Form 1a BPJS Ketenagakerjaan Excel terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah identitas atau data dari tenaga kerja. Bagian kedua susunan keluarga, dan bagian ketiga merupakan fasilitas kesehatan untuk pekerja yang mengikuti program JPK. Pada bagian pertama, pekerja diminta mengisi data diri berupa nomor KPJ, nama perusahaan, nomor induk dari karyawan, nama dari unit kerja, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, golongan darah, nomor identitas, nomor NPWP, nama dari ibu kandung, alamat, nomor telepon, dan rekening bank. 

Pada bagian kedua, pekerja diminta mengisi nama anggota keluarga, tanggal lahir, jenis kelamin dan golongan darah. Anggota keluarga tersebut terdiri dari istri atau suami dan anak-anak. Sedangkan pada bagian ketiga, nama dan alamat fasilitas kesehatan harus diisikan. Semua data yang diisi pada formulir BPJS Ketenagakerjaan Excel harus ditulis dengan lengkap, menggunakan huruf cetak dan bolpoin berwarna hitam. Akan lebih baik lagi jika diketik menggunakan komputer. Data harus diisi dengan benar dan diperiksa kembali sebelum formulir dikumpulkan. 

Formulir BPJS Ketenagakerjaan 1b, 2 dan 2a
Jika data pada formulir 1a diperoleh dari pekerja, maka formulir 1b, 2 dan 2a harus diisi oleh pihak perusahaan. Formulir 1b berisi daftar dari tenaga kerja yang keluar. Data pekerja berupa nama, nomor KPJ dan upah bulan terakhir harus diisikan pada formulir tersebut. Selain itu bulan dan tahun karyawan berhenti bekerja harus diisikan dengan benar karena berhubungan dengan waktu pencairan JHT. 

Formulir BPJS Ketenagakerjaan Excel 2 dan 2a merupakan formulir yang berisi rincian dari pembayaran iuran Jamsostek yang dilakukan oleh perusahaan. Pada formulir 2, pihak perusahaan akan merinci jumlah iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sedangkan formulir 2a akan merinci nama, data dan juga iuran untuk masing-masing pekerja. Formulir 1b, 2 dan 2a dengan format Excel ini dapat diserahkan pada pihak BPJS dalam bentuk cetak ataupun sofa copy.