Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Pendaftaran dan Persyaratan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Cara Pendaftaran dan Persyaratan BPJS - Dalam peraturan pemerintah yang terbaru menyebutkan bahwa setiap perusahaan mempunyai kewajiban untuk menjamin kesejahteraan para pekerjanya. Salah satu wujud pemberian kesejahteraan ini adalah dengan mengikutkan setiap pekerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Pendaftaran dan persyaratan BPJS Ketenagakerjaan ini sudah diatur dalam peraturan menteri yang terbaru. Melalui program BPJS Ketenagakerjaan, para pengusaha dan pekerjanya dapat menikmati berbagai keuntungan.
syarat pendaftaran bpjs ketenagakerjaan untuk perusahaan,persyaratan pengambilan,perorangan,www.bpjs-ketenagakerjaan.go.id,syarat bpjs kesehatan,formulir ,cara daftar mobile,cara mengurus,

Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan untuk pertama kalinya bisa dilakukan oleh perusahaan ataupun perorangan. Syarat BPJS Ketenagakerjaan perorangan haruslah pekerja atau penerima upah yang tergabung dalam perusahaan. Lalu, bagaimana jika Anda seorang freelancer atau pegawai lepas atau seorang pengusaha yang tidak mempunyai badan usaha? Tenang saja, untuk Anda yang berprofesi sebagai pengusaha tanpa badan usaha atau seorang freelancer tetap bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan ini. Namun persyaratan BPJS Ketenagakerjaan yang harus dilengkapi berbeda.

Untuk para pengusaha tanpa badan usaha atau untuk freelancer sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan maka harus membuat organisasi atau wadah tersendiri. Organisasi ini minimal harus diikuti oleh 10 orang atau lebih. Nah, seluruh anggota dari organisasi inilah yang didaftarkan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Adapun persyaratan BPJS Ketenagakerjaan untuk pengusaha tanpa badan usaha dan freelancer yaitu:

1. Surat izin usaha yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan.
2. Salinan KTP dari semua pekerja atau semua anggota organisasi.
3. Salinan Kartu Keluarga atau KK dari masing-masing pekerja yang akan didaftarkan.
4. Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 1 buah dari masing-masing pekerja.
Cara Mendaftar Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Jika semua berkas persyaratan BPJS Ketenagakerjaan ini sudah tersedia, maka Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda untuk bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan ini. Adapun cara mendaftarnya yaitu melalui mobile atau online. Tahapan cara daftar BPJS Ketenagakerjaan mobile ini yaitu:

1. Download aplikasinya
Untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan maka Anda perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu jika akan mendaftar dengan menggunakan android. Namun jika Anda mendaftar melalui komputer atau laptop, langsung saja kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

2. Pilih pendaftaran baru
Setelah masuk website atau aplikasinya, maka Anda harus memilih pendaftaran baru lalu isi semua formulir online yang diberikan. Untuk alamat perusahaan, Anda bisa mengisinya dengan alamat wadah atau organisasi yang sudah Anda buat sebelumnya.

3. Datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat
Selesai mengisi formulir, maka Anda akan mendapatkan email konfirmasi. Setelah itu, Anda harus datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa berkas persyaratan yang diperlukan.

Cara pendaftaran dan persyaratan BPJS Ketenagakerjaan ini memang cukup mudah. Selain itu, dengan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, pekerja dan pengusaha akan merasa aman. Hal ini dikarenakan BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian kepada semua pesertanya. Sehingga jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan bisa langsung melakukan klaim untuk mendapatkan manfaatnya.