Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Check Saldo JHT Jamsostek Melalui SMS dan Online

Cara Check Saldo JHT Jamsostek - Ketika hendak membeli rumah dengan sistem kredit, bank akan menawarkan peserta BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek untuk menggunakan JHT atau Jaminan Hari Tua sebagai uang muka. Walaupun kita masih bekerja secara aktif, tetapi dana JHT yang dimiliki tetap bisa dicairkan sebanyak 30% untuk pembiayaan pembelian rumah dan 10% untuk keperluan lainnya. Untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah JHT yang dimiliki, bisa digunakan cara check saldo JHT Jamsostek, baik itu secara langsung ke kantor Jamsostek, melalui SMS atau secara online. 

cek saldo jht,www.bpjsketenagakerjaan.go.id cek saldo jht,cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif,jamsostek via sms 2757,cek saldo bpjs via sms 2757,kesehatan,bpjs ketenagakerjaan online,
Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan Excel
Cara Mengetahui Saldo JHT Melalui SMS
SMS mungkin menjadi cara paling mudah untuk mengetahui saldo JHT. Kita tidak perlu mengantri di kantor Jamsostek, tetapi cukup menggunakan handphone yang dimiliki untuk dapat mengecek saldo dari manapun juga. Untuk bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi. Kita bisa mengirimkan sms kepada nomor 2757 atau yang dulu nomor 08111009696. SMS tersebut berisi: REG#NoJamsostek/BPJS#Tanggallahir#Namaibukandung, semuanya tanpa spasi. Setelah itu kita akan mendapatkan balasan berupa nomor ID.

Setelah mendapatkan nomor ID, kita dapat segera menggunakan cara check saldo JHT Jamsostek melalui SMS. Langkahnya adalah dengan kembali mengirimkan SMS ke nomor 2757 yang berisi: SALDO#NoID. Setelah itu akan diperoleh SMS balasan yang berisi nominal saldo JHT. Selain itu juga terdapat tanggal, bulan dan tahun yang menjadi waktu update saldo tersebut. 

Cara Mengetahui Saldo JHT Secara Online
Selain melalui SMS, kita juga dapat melakukan cek saldo Jamsostek melalui website www.jamsostek.co.id. Bagi yang baru pertama kali menggunakan layanan ini, maka harus melakukan pendaftaran atau sing up terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka websitenya, lalu mengklik ‘Daftar baru’. Setelah itu isikan beberapa data yang diminta dengan benar. Melalui email atau no hp yang sudah didaftarkan, kita akan mendapatkan nomor PIN yang dapat digunakan untuk proses sign in. 

Setelah mendaftarkan diri, kini saatnya kita menggunakan website untuk mengetahui saldo Jamsostek secara online. Yang harus dilakukan adalah mengunjungi www.jamsostek.co.id, lalu klik “Ketenagakerjaan’. Kemudian klik ‘Sign in’ atau ‘Log in’. Setelah itu masukkan User ID dan nomor PIN. Jika sudah berhasil masuk, klik pada ‘Cek saldo JHT’. Input nomor KJB dan klik ‘Submit’. Setelah itu kita bisa langsung melihat saldo JHT yang ditampilkan. 

Pemilik smartphone android, Blackberry dan iPhone juga dapat menggunakan cara check saldo JHT Jamsostek secara online melalui aplikasi. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store, App Store dan App World. Dengan adanya berbagai cara mudah untuk mengetahui saldo Jamsostek, maka kita dapat mempertimbangkan apakah sudah waktunya mencairkan dana Jamsostek untuk pembelian rumah idaman atau belum.