Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Cek BPJS Aktif Atau Tidak Untuk Menghindari Kartu Yang Palsu

Cara Cek BPJS Aktif Atau Tidak - Menjadi anggota BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri di kantor-kantor BPJS terdekat. Tetapi untuk beberapa daerah, kantor BPJS sering terlihat penuh sesak oleh orang-orang yang datang dengan berbagai kepentingan. Karena itu, mendaftar BPJS secara online bahkan melalui perantara menjadi pilihan banyak orang. Tetapi jika mendaftar melalui perantara yang dipilih, maka sebaiknya kita menggunakan cara cek BPJS aktif atau tidak untuk mengetahui keaslian kartu yang dimiliki. Adapun cara pengecekan tersebut adalah: 

ciri ciri kartu bpjs palsu,perbedaan kartu bpjs asli dan palsu,cara cek bpjs asli,kartu bpjs e-id,kartu bpjs kesehatan palsu,cara mengecek kartu bpjs asli,bpjs palsu,perbedaan bpjs asli dan palsu,
Cara Check Saldo JHT Jamsostek
1. Menggunakan website
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kartu BPJS yang kita miliki aktif atau tidak adalah dengan mengunjungi situs www.bpjs-kesehatan.go.id. Dalam situs ini kita bisa mengecek BPJS Kesehatan yang didaftarkan secara mandiri atau untuk cek BPJS Kesehatan Perusahaan. Jika pada waktu pengecekan muncul data yang dimiliki, itu berarti kita terdaftar sebagai peserta BPJS dengan kartu yang sudah aktif. Tetapi jika data kita tidak muncul, maka artinya kartu tidak aktif dan ada kemungkinan kartu tersebut palsu. 

Cara cek keanggotaan BPJS dilakukan dengan terlebih dahulu membuka situs. Setelah laman terbuka, pilihlah ‘Layanan peserta’. Selanjutnya klik lagi ‘Pendaftaran peserta’. Disini kita akan diminta memasukkan NOKA atau nomor kartu. Bisa juga dimasukkan NIP atau Nomor Induk Pegawai. Selanjutnya klik ‘Cari’. Jika kartu yang dimiliki aktif, akan muncul data peserta yang sesuai.

2. Menggunakan aplikasi
Google Play Store kini menyediakan sebuah aplikasi yang bernama BPJS Kesehatan Mobile secara gratis. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu cara cek BPJS aktif atau tidak. Dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi internet, kita bisa mengunduh kemudian menginstal aplikasi tersebut. Selanjutnya jalankan aplikasi dan masukkan nomor kartu yang sudah kita miliki. Jika muncul data peserta yang merupakan data pribadi kita, maka kartu tersebut aktif dan tidak palsu. 

3. Menggunakan SMS
Cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui aktif tidaknya sebuah kartu BPJS Kesehatan adalah dengan menggunakan layanan SMS. Cara ini tentu cukup mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai jenis hp, baik yang terkoneksi dengan internet ataupun tidak. Kita cukup mengetik: NOKA(spasi)nomorkartu. Setelah itu kirimkan SMS tersebut ke 08113699977. Selanjutnya akan diperoleh SMS balasan yang berisi data peserta sebagai bukti aktifnya kartu yang dimiliki. 

Cara cek BPJS aktif atau tidak juga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan data peserta. Data yang ditampilkan harus sesuai dengan data yang terdapat pada KTP atau Kartu Keluarga. Hal ini untuk menghindari data yang salah atau berbeda. Karena jika data tersebut tidak cocok, maka kita tidak dapat berobat menggunakan fasilitas BPJS. Jika setelah dilakukan pengecekan ternyata ditemukan kesalahan atau perbedaan, sebaiknya kita melakukan perbaikan data, sebelum berobat ke faskes atau rumah sakit.