Sabtu, 01 Januari 2022

Panduan Lengkap Cara Bikin BPJS Online 2017

Cara Bikin BPJS Online 2017 - Berdasarkan peraturan baru BPJS Kesehatan, seluruh anggota keluarga diwajibkan untuk menjadi peserta. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini pembayaran iuran BPJS harus dilakukan secara kolektif untuk seluruh nama yang tertera pada Kartu Keluarga. Demikian halnya dengan cara bikin BPJS online 2017, yang juga mengharuskan kita mendaftarkan diri serta anggota dari keluarga yang tercantum pada KK. Untuk lebih jelasnya, berikut ini panduan cara membuat kartu BPJS Kesehatan secara online berdasarkan aturan terbaru.

daftar bpjs online,cara daftar bpjs online,kesehatan online,daftar bpjs online tanpa npwp,bpjs perorangan atau keluarga,cara daftar bpjs ketenagakerjaan online,bpjs-kesehatan.go.id online,cek saldo,
Bpjs-kesehatangoid8080/bpjs-admin/ dan Link Penggantinya
1. Langkah pertama
Langkah pertama cara daftar BPJS online 2017 dimulai dengan mempersiapkan berbagai persyaratan dan data yang dibutuhkan. Kartu Keluarga, KTP, Nomor NPWP, Nomor hp, alamat email serta nomor rekening dari penanggung yang akan membayar iuran merupakan persyaratan yang harus dibutuhkan. Walaupun melalui koneksi internet, tetapi persyaratan administrasi tersebut harus disiapkan lebih dahulu untuk mempermudah kita mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Selain itu data yang diisikan juga harus sesuai dengan KTP dan KK, agar proses pendaftaran maupun pengobatan tidak mengalami kesulitan. 

2. Langkah kedua
Selanjutnya kita akan memasuki langkah kedua dengan membuka laman http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/. Disini kita akan melihat syarat serta ketentuan yang harus dipahami sebelum melanjutkan proses pendaftaran BPJS kesehatan terbaru. Permasalahan yang menyangkut waktu pembayaran iuran serta perubahan data juga termuat dalam halaman ini. Jika kita merasa setuju dengan syarat serta ketentuan tersebut, lakukan centang tanda persetujuan. Dengan begitu maka langkah selanjutnya bisa dilakukan.

3. Langkah ketiga
Setelah menyatakan persetujuan terhadap syarat maupun ketentuan yang diberikan, maka kita akan memasuki halaman yang meminta memilih jenis kepesertaan. Jika BPJS yang didaftarkan bersifat mandiri, maka pilihlah “Pekerja bukan penerima upah’. Selanjutnya centang pernyataan mengenai keinginan untuk mendaftarkan diri beserta keluarga yang terletak dibagian bawah. Setelah itu kita bisa mengisikan nomor dari kartu keluarga dan klik ‘Inquery Kartu Keluarga’. Jika nomor dari kartu keluarga telah terlacak sistem, maka kita bisa mengklik ‘Proses selanjutnya’. 

4. Langkah keempat
Langkah terakhir bikin BPJS online adalah mencetak kartu BPJS. Caranya adalah dengan mengunjungi laman http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-admin/. Kemudian masukkan User ID dan password yang didapatkan dari proses pendaftaran. Lalu klik ‘Masuk’ dilanjutkan dengan klik ‘Cari data’. Selanjutnya masukkan nomor kartu, lalu klik ‘Cetak kartu’. Jika kartu yang akan dicetak sudah muncul di layar, maka proses print bisa dilakukan.

Dalam proses bikin BPJS online 2017, terkadang masih ditemui berbagai kendala. Diantaranya adalah sulitnya melakukan akses. Hal ini dapat dipahami karena banyaknya orang yang mengunjungi laman tersebut. Untuk menyiasatinya, pilihlah waktu-waktu yang kemungkinan jumlah pengunjung laman sedikit, seperti pada saat malam hari. Dengan melakukan pendaftaran pada malam hari, maka proses akan berlangsung dengan lebih cepat dan lancar.