Sabtu, 01 Januari 2022

Inilah 4 Macam Penyakit yg Tidak Ditanggung BPJS

Sudah tahukah Anda apa saja penyakit yg tidak ditanggung BPJS. Jika belum, simak baik-baik ulasan berikut ini yang akan membahas mengenai hal tersebut. BPJS sendiri merupakan asuransi yang diadakan oleh pemerintah demi membantu masyarakat yang kurang mampu dalam berobat. Sangat disarankan bagi Anda untuk mendaftar dan menjadi peserta BPJS. Di mana dengan menjadi peserta BPJS, suatu saat ketika Anda sakit maka pengobatannya akan ditanggung oleh BPJS. 

penyakit yang tidak dicover bpjs,macam-macam penyakit yang ditanggung bpjs,144 penyakit yang ditanggung bpjs,ditanggung bpjs pdf,tanggungan bpjs kelas 2,biaya maksimal,yang kelas 1,daftar obat,
Operasi dan Penyakit yg Tdk Ditanggung BPJS Kesehatan
Hal tersebut memang sangat menguntungkan karena ada banyak sekali daftar penyakit yang dicover BPJS. Jika Anda menderita salah satu penyakit yang ada dalam daftar tersebut, tentunya Anda tidak perlu membayar sendiri biaya pengobatan Anda. Misalnya saja Anda menderita penyakit kanker, biaya pengobatan dan operasi akan ditanggung oleh BPJS. Namun Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa penyakit yg tidak ditanggung BPJS. 

Artinya, jika Anda menderita salah satu atau lebih dari penyakit-penyakit tersebut maka Anda harus membayar biaya pengobatannya sendiri. Lalu, apa saja penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS kesehatan? Ini dia daftaranya:

1. HIV/AIDS
Siapa yang tidak tahu penyakit yang satu ini, penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan. Penyakit HIV/AIDS menjadi salah satu penyakit yg tidak ditanggung BPJS bukan karena penyakit ini adalah penyakit yang belum ada obatnya. Melainkan karena penyakit ini umumnya disebabkan oleh ulah dari penderita sendiri. Baik karena hubungan seksual bebas ataupun karena penggunaan obat-obatan terlarang.

2. Penyakit yang berkaitan dengan obat-obatan terlarang
Penyakit yang tidak ditanggung BPJS berikutnya adalah penyakit yang disebabkan atau berkaitan dengan obat-obatan terlarang. Sama halnya dengan penyakit HIV/AIDS, penyakit ini juga akibat ulah dari pasien sendiri. 

3. Tidak subur
Dari 144 penyakit yang ditanggung BPJS, penyakit atau kondisi di mana seseorang tidak subur tidak ada di dalamnya. Seseorang yang tidak subur dan tidak kunjung memiliki keturunan mungkin dapat dikategorikan sebagai penyakit. Namun karena tidak termasuk yang berbahaya, maka BPJS tidak menanggung pengobatannya. Jadi jika Anda tidak subur dan melakukan pengobatan, Anda harus membiayai sendiri pengobatan Anda tersebut. 

4. Penyakit yang disebabkan oleh bencana alam atau wabah
Sangat disayangkan memang, penyakit akibat bencana alam atau karena wabah termasuk penyakit yg tidak ditanggung BPJS. Jadi jika suatu saat di daerah Anda terserang wabah penyakit mematikan, Anda tidak bisa mengklaim pengobatan dengan menggunakan kartu BPJS.

Untuk tindakan operasi yang ditanggung BPJS sendiri ada banyak. Diantaranya yaitu operasi jantung, operasi Caesar, operasi kanker, operasi kista, operasi usus buntu dan masih ada banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, menjadi anggota BPJS jauh lebih menguntungkan dan tentunya juga dapat membantu orang lain. Itu saja yang dapat disampaikan mengenai daftar penyakit yang tidak ditanggung BPJS. Semoga ulasan mengenai penyakit yg tidak ditanggung BPJS tersebut dapat bermanfaat.