Sabtu, 01 Januari 2022

Daftar Operasi dan Penyakit yg Tdk Ditanggung BPJS Kesehatan

Berikut adalah penyakit yg tdk ditanggung BPJS, pastikan Anda mengetahuinya. Jika Anda adalah peserta BPJS, Anda tentunya siap menerima berbagai pelayanan memuaskan dari BPJS. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua pengobatan ditanggung oleh BPJS. Ingat, BPJS menanggung hampir semua penyakit mulai dari yang ringan sampai yang kronis. Dari kalimat tersebut tentu sudah dapat diambil kesimpulan bahwa ada beberapa penyakit yang tidak di cover BPJS. 

daftar penyakit yang ditanggung bpjs kesehatandicover bpjs,tanggungan bpjs kelas 2,kelas 1,jenis operasi bpjs,144 penyakit yang ditanggung bpjs,apa saja yang ditanggung bpjs ketenagakerjaan,
Daftar BPJS Perorangan Atau Keluarga
Jika Anda menderita salah satu penyakit tersebut, Anda harus siap menanggungnya sendiri karena tidak termasuk tanggungan BPJS. Lantas, apa saja penyakit yang tidak ditanggung BPJS tersebut? Berikut adalah daftarnya:

- HIV/AIDS
Penyakit yang menyerang sistem imun di dalam tubuh ini tidak termasuk penyakit yang ditanggung BPJS. Pasalnya, sebagian besar penderita penyakit ini menderitanya karena hasil perbuatan mereka sendiri. Oleh sebab itu HIV/AIDS termasuk penyakit yg tdk ditanggung BPJS.

- Penyakit akibat ketergantungan obat atau narkoba
Apapun penyakitnya jika berkaitan dengan narkoba, maka penyakit tersebut termasuk penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS. Sama seperti penyakit HIV/AIDS, penyakit ini juga diderita karena kesalahan dari penderita sendiri.

- Tidak kunjung memiliki keturunan
Penyakit yg tdk ditanggung BPJS lainnya yaitu penyakit yang membuat Anda dan pasangan tidak segera memiliki momongan. Jika Anda dan pasangan sudah berusaha keras untuk memiliki anak namun tidak kunjung berhasil, Anda tidak dapat menuntut BPJS untuk menanggung hal tersebut. Maksudnya, ketika Anda dan pasangan Anda ingin mengatasi ketidaksuburan tersebut maka Anda perlu mengeluarkan dana dari kantong Anda sendiri. 

Jika dibandingkan dengan 144 penyakit yang ditanggung BPJS, penyakit yang tidak ditanggung BPJS tentu sangat sedikit. Artinya, lebih banyak keuntungan yang Anda peroleh dengan mengikuti BPJS. Bahkan pengobatan penyakit ginjal kronis yang mengharuskan pasien cuci darah 2 minggu sekali juga ditanggung oleh BPJS. Selain mengetahui penyakit yg tdk ditanggung BPJS, ketahui juga operasi yang tidak ditanggung BPJS. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

- Operasi bekas luka
Operasi yang dilakukan untuk menghilangkan bekas luka tidak ditanggung oleh BPJS.

- Operasi untuk luka yang disebabkan oleh diri sendiri
Begitu juga untuk operasi yang dilakukan untuk pengobatan akibat luka yang dibuat sendiri. Operasi tersebut juga tidak ditanggung oleh BPJS kesehatan.

- Operasi di luar negeri
Apapun operasinya, jika dilakukan di luar negeri tentunya sudah bukan menjadi tanggungan BPJS. Sekalipun orang tersebut merupakan anggota atau peserta BPJS kelas 1.

Dibandingkan jenis operasi yang ditanggung BPJS kesehatan, 3 operasi tersebut tentu tidak ada apa-apanya. Bayangkan saja jika operasi penyakit jantung, ginjal dan penyakit kronis lain yang banyak menyerang masyarakat Indonesia tidak ditanggung BPJS. Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan oleh pasien untuk mendapatkan kesembuhannya. Demikian yang dapat dibahas mengenai daftar operasi dan penyakit yg tdk ditanggung BPJS, semoga dapat bermanfaat.