Sabtu, 01 Januari 2022

3 Cara Check Saldo Jamsostek atau BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Saat ini cara check saldo Jamsostek berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Hal ini disebabkan karena Jamsostek sudah berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi yang sama untuk menjamin dan memberi perlindungan kepada tenaga kerja Indonesia agar masa depan lebih baik. Namun yang membedakan Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan yaitu dalam penerapannya dan program-program unggulan yang diberikan. 
cek saldo jamsostek,cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif,cek saldo bpjs via sms 2757,cek saldo bpjs kesehatan,cek bpjs ketenagakerjaan,pencairan,cek saldo jamsostek secara online,

Karena adanya perubahan tersebut, maka segala informasi mengenai Jamsostek berpindah menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Maka dari itu, bagi peserta yang ingin mengetahui cara check saldo Jamsostek, dibawah ini terdapat cara terbaru yang bisa dilakukan.

1. Cek dengan cara manual
Pada zaman digitalisasi seperti ini, cara cek saldo BPJS Kesehatan secara manual tidak dianjurkan karena tidak efektif dan efisien waktu. Sedangkan bagi peserta yang belum mempunyai sarana komunikasi seperti handphone dan internet, cara cek saldo BPJS Kesehatan secara manual sangat dianjurkan. Disebut dengan manual karena Anda harus mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota Anda. 

Selanjutnya petugas akan memberikan detail slip saldo BPJS Kesehatan Anda. Cara manual ini sudah mulai ditinggalkan karena kebanyakan peserta tidak ingin mengantri hanya untuk mendapatkan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan.

2. Cek dengan aplikasi smartphone
Cara check saldo jamsostek yang kedua ini cukup mudah dan praktis, namun hanya bisa dilakukan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mempunyai smartphone android, Apple dan BlackBerry. Untuk mendapatkan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mendownloadnya melalui Playstore atau BBM Store. Setelah Anda mendownload aplikasi tersebut, langsung instal di perangkat smartphone dan setting aplikasinya sesuai dengan akun BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan kapan saja dan di mana pun.

3. Cek via online
Personal service adalah layanan untuk peserta atau anggota tenaga kerja Indonesia yang ingin mengetahui beberapa informasi mengenai sisa saldo jaminan hari tua. Di dalam website tersebut, juga terdapat informasi mengenai profil anggota, simulasi saldo jaminan hari tua dan cara melakukan pengajuan klaim secara online. 

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online, klik link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs. Setelah itu, masukkan USERID dan PASSWORD yang sudah Anda miliki, lengkapi data-data terbaru. Apabila Anda belum memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, maka klik bagian registrasi dan lengkapi data diri, setelah itu tunggulah konfirmasi.

Nah, itulah 3 cara check saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dan efisien. Cara tersebut juga menjadi bukti bahwa BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan untuk memudahkan pesertanya ketika cek saldo. Tidak hanya itu, apabila peserta mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan, call centre BPJS Ketenagakerjaan akan siap melayani Anda. Silahkan hubungi call centre BPJS Ketenagakerjaan di 500910 untuk mendapatkan bantuan.