Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengajukan Klaim Jasmsostek di es bpjsketenagakerjaan go id/eklaim

Cara Mengajukan Klaim Jasmsostek - Jaminan sosial ketenagakerjaan atau yang lebih dikenal dengan nama Jamsostek merupakan salah satu program dari pemerintah untuk memberikan perlindungan keselamatan kerja untuk setiap tenaga kerja. Saat ini, Jamsostek telah berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menjadi anggota dari Jamsostek. Selain Anda mendapatkan jaminan keselamatan dari kecelakaan kerja, Anda akan mendapatkan jaminan hari tua dengan cara mengklaim Jamsostek. Anda dapat membuka es bpjsketenagakerjaan go id/eklaim untuk mendapatkan beberapa informasi mengenai cara klaim Jamsostek.

www.bpjsketenagakerjaan.go.id e-klaim,e-klaim tenaga kerja,e klaim jamsostek online,klaim bpjs ketenagakerjaan online,bpjs tk,gagal,registrasi bpjs ketenagakerjaan,
Cara Mengecek Saldo Jamsostek
Klaim Jamsostek dapat dilakukan hingga 100%. Hal tersebut merupakan hak setiap tenaga kerja. Tenaga kerja telah membayarkan iuran Jamsostek setiap bulannya dari gaji yang diperolehnya. Untuk peserta Jamsostek perseorangan, ia juga berkewajiban untuk membayarkan iuran per bulannya. Dengan demikian, klaim Jamsostek memang merupakan hak bagi setiap peserta Jamsostek. Mungkin beberapa orang membayangkan tentang susahnya mengklaim Jamsostek miliknya. Akhirnya, ia malas untuk mengambilnya karena menganggap saldo yang dimilikinya hanyalah dalam jumlah yang kecil.

Bagaimana Cara Melakukan Klaim Jamsostek?
Untuk dapat melakukan klaim jaminan hari tua, Anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jadi, mari lakukan klaim untuk Jamsostek yang memang merupakan hak Anda. Saldo akhir Jamsostek pasti jauh dari perkiraan Anda sebelumnya. Terlebih lagi bagi Anda yang tidak pernah mengecek saldo, pasti akan kaget jika mengetahui saldo yang banyak dari Jamsostek yang Anda miliki. Proses mencairkan saldo Jamsostek tidak akan memakan waktu yang lama. 

Terlebih lagi bagi Anda yang tinggal berdekatan dengan kantor Jamsostek. Namun, kini Anda dapat melakukan klaim Jamsostek secara online. Anda dapat mengunjungi website es bpjsketenagakerjaan go id/eklaim untuk mengetahui tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Jelasnya, Anda memerlukan koneksi internet yang baik untuk dapat melakukan proses pencairan Jamsostek secara online. Anda dapat memulai melakukan proses pengklaiman Jamsostek secara online dengan cara membuka website di atas. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada beberapa kotak yang harus diisi. 

Beberapa informasi yang harus Anda masukkan adalah nomor Elektronik KTP, nama lengkap serta tanggal lahir, nomor KPJ, alasan pengklaiman, nomor ponsel, dan alamat email. Setelah Anda melakukan step di atas, Anda akan mendapatkan kode verifikasi atau yang biasa disebut dengan pin melalui email. Namun terlebih dulu Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen seperti KTP, Kartu Jamsostek, Surat pengalaman kerja atau keterangan berhenti kerja, kartu keluarga, dan buku tabungan. 

Setelah semua dokumen lengkap, Anda dapat mengunggah semua dokumen tersebut pada formulir e-klaim. Anda akan memperoleh informasi yang diperlukan melalui email. Proses pengklaiman biasanya membutuhkan waktu maksimal sampai 10 hari kerja. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pencairan Jamsostek secara online melalui es bpjsketenagakerjaan go id/eklaim. Semoga informasi ini membantu Anda.