Sabtu, 01 Januari 2022

Ini Dia Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA yang Praktis

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA - Berikut ini akan dibagikan cara bayar BPJS lewat ATM BCA untuk Anda yang belum mengetahuinya. Pembayaran BPJS via ATM memang menjadi salah satu sarana yang memberikan banyak kemudahan bagi peserta BPJS. BPJS sendiri merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang merupakan program pemerintah demi memberikan jaminan sosial bagi warga Indonesia. Berkat adanya BPJS, banyak masyarakat kurang mampu dapat dibantu terutama dalam urusan pengobatan. Jika Anda sudah mengetahui cara bayar BPJS via ATM Mandiri, maka Anda harus menyimak uraian berikut.
cara bayar bpjs lewat internet banking,cara bayar bpjs lewat atm bri,cara pembayaran bpjs tunai,bayar bpjs telat,pertama kali,tanpa atm,lewat indomaret,cara pembayaran bpjs kesehatan online,

Jika Anda merupakan nasabah bank BCA, tentunya Anda harus tahu bagaimana cara membayar BPJS dengan menggunakan ATM. Dengan begitu, Anda tidak harus datang ke kantor bank langsung hanya untuk membayar iurannya. Dengan bayar BPJS lewat ATM BCA, pembayaran iurannya terasa begitu mudah untuk dilakukan. Terutama jika rumah Anda jauh dari kantor bank, untuk itu ketahui bagaimana cara membayar iuran BPJS dengan menggunakan ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masukkan kartu ATM
Silakan kunjungi konter ATM BCA terdekat lalu masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM. Ingat, Anda hanya dapat melakukan cara ini jika Anda adalah nasabah bank BCA yang sudah membuat kartu ATM.

2. Pilih menu Bayar/Beli
Cara bayar BPJS lewat ATM BCA selanjutnya yaitu pilih bahasa, kemudian masukkan PIN ATM Anda. Lanjutkan dengan memilih menu Bayar/Beli, lanjutkan dengan memilih menu Lainnya. Kemudian Anda dapat memilih menu BPJS dan pilih menu BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan kebutuhan Anda. Lanjutkan dengan memilih menu Individu atau Badan Usaha sesuai dengan kondisi Anda.

3. Masukkan kode
Langkah selanjutnya, silakan masukkan kode BPJS bank BCA dengan tepat. Kodenya sendiri 89888, setelah itu masukkan 11 digit angka VA atau Virtual Account. Untuk VA dapat dilihat pada kartu BPJS yang Anda miliki. Setelah itu Anda dapat menekan Benar jika Anda sudah mengecek kode dan 11 digit VA. Ingat, cara bayar BPJS lewat ATM BCA ini harus dilakukan dengan benar. 

4. Masukkan jumlah uang
Langkah berikutnya, Anda dapat langsung memilih angka 1 atau 2 sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda memilih 1 maka Anda akan membayar iuran BPJS selama 1 bulan dan jika memilih 2 maka 2 bulan. Untuk nominal yang akan ditransfer akan disesuaikan dengan kelas BPJS yang Anda pilih.

5. Pilih 1 untuk konfirmasi
Cara bayar BPJS via ATM BCA selanjutnya yaitu dengan melakukan konfirmasi. Silakan ketik 1 lalu pilih Ya maka secara otomatis Anda sudah mengonfirmasi pembayaran iuran BPJS tersebut.

Setelah melakukan cara diatas, Anda dapat mengambil bukti transfer dan jangan lupa untuk mengambil kartu ATM Anda. Bagaimana, mudah bukan cara bayar iuran BPJS lewat ATM BCA. Ketahui juga cara yang tidak kalah mudah yaitu cara bayar BPJS KlikBCA. Sebagai peserta BPJS, Anda jangan sampai telat membayar iurannya. Dengan begitu Anda dapat menikmati layanannya kapan saja secara maksimal. Jika Anda terlalu malas untuk mengantre di bank, silakan coba cara yang praktis ini yaitu bayar BPJS lewat ATM BCA.