Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Cek Saldo BPJS dengan Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS - Apakah Anda adalah salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan? BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya dikenal dengan nama Jamsostek merupakan jaminan keselamatan untuk pekerja sekaligus sebagai jaminan hari tua. Memiliki Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang penting bagi setiap tenaga kerja. Dengan demikian, setiap pekerja akan merasa lebih terlindungi dari kecelakaan kerja serta terlindungi pada masa tuanya. BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak fungsi bagi pekerja. Nomor BPJS Ketenagakerjaan harus diteliti dengan baik karena berfungsi untuk mengecek saldo yang Anda miliki nantinya.
www.bpjsketenagakerjaan.go.id cek saldo jht,cek saldo bpjs kesehatan,registrasi bpjs ketenagakerjaan,www.jamsostek.co.id cek saldo jht,cek saldo bpjs via sms 2757,daftar bpjs ketenagakerjaan,

Setiap tenaga kerja atau karyawan saat ini umumnya memiliki BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan biasanya dibuat oleh perusahaan yang terkait. Perusahaan yang terkait akan membuatkan BPJS dengan meminta data-data yang diperlukan dari karyawannya. BPJS Ketenagakerjaan juga dapat dibuat secara mandiri. Hal tersebut dapat dilakukan jika Anda merupakan salah satu pekerja swasta yang tidak terikat dengan perusahaan atau Badan Usaha. BPJS memang diperuntukkan untuk setiap pekerja baik yang bekerja secara mandiri maupun di Badan Usaha. Anda akan mendapatkan nomor KJP saat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

Apa Fungsi Nomor BPJS Ketenagakerjaan?
Saat seseorang mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, nantinya ia akan mendapatkan nomor BPJS Ketenagakerjaan atau biasa disebut dengan nomor KPJ. Nomor tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Kini, Anda dapat melakukan pengecekan saldo secara online. Sistem ini telah dibuat dengan sedemikian mungkin untuk memudahkan semua peserta BPJS Ketenagakerjaan agar bisa merasakan kenyamanan dari program yang mereka ikuti ini. 

Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online,hal pertama yang Anda lakukan adalah dengan mendaftar ulang atau registrasi ulang secara online. Bukalah website yang telah ditentukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan registrasi ulang. Setelah terbuka, Anda harus memasukkan nomor KPJ aktif milik Anda. Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan tanggal lahir dengan menggunakan nomor. Contohnya saja Anda lahir pada tanggal 9, maka tulislah 09. Lakukan pengisian informasi secara lengkap. Lakukan ceklist persetujuan untuk melanjutkan pada menu selanjutnya.

Nantinya, Anda akan mendapatkan email tentang verifikasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan. Ambil nomor verifikasi tersebut untuk diketikkan pada form tampilan kemudian submit. Setelah Anda mendapatkan akun Anda, nantinya Anda akan menemukan menu cek saldo JHT. Untuk mengeceknya secara online, masukkan nomor BPJS Ketenagakerjaan milik Anda pada kolom yang telah tersedia. 

Jika Anda telah melakukan proses submit, saldo Anda akan muncul. Jika Anda sewaktu-waktu ingin mengecek saldo Jaminan Hari Tua, Anda dapat mengunjungi website https://es.bpjs ketenagakerjaan.go.id/sso/login.bpjs. Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara memasukkan No e-Ktp atau NIK dan juga password Anda. Itulah fungsi dari No KJP di kartu BPJS Ketenagakerjaan.